Strategi dan Macam Media Promosi Wisata

Blog BianBiun - Suatu kawasan wisata tidak akan di kunjungi oleh wisatawan apabila tidak ada promosi tentang keberadaan tempat wisata tersebut. Suatu daerah yang kaya dengan pemandangan alam yang indah dengan bermacam obyek wisatanya juga tidak akan dikunjungi oleh para wisatawan kalau tidak ada yang namanya promosi atau publikasi. Kurangnya promosi wisata yang dilakukan juga mempengaruhi jumlah pengunjung. Selain promosi itu juga perlu adanya penambahan fasilitas, akses jalan yang mudah dan enak, pelayanan kepada para wisatawan, pengelolaan tempat wisata dll. Tanpa itu semua maka jumlah pengunjung yang datang juga akan menurun atau jalan ditempat. Apa saja sih jenis promosi yang bisa dilakukan ?

Macam media promosi wisata tersebut diantaranya adalah dengan membuat brosur, buku panduan wisata, iklan radio, iklan televisi, baliho, website, pamflet, peta navigasi, cd interaktif, peta navigasi wisata berbasis animasi. Atau membuat semacam tagline yang akan menciptakan cirikhas suatu daerah, misalnya solo dengan "Spirit Of Java" atau Magetan yang baru saja mengeluarkan tagline Magetan The Beauty Of Java. Namun dalam pembuatan tagline tersebut bisa di lakukan sebagai sarana promosi juga, misalkan dengan lomba atau kontes pembuatan logo untuk Magetan The Beauty Of Java, dimana lomba tersebut untuk tingkat nasional, jadi seluruh Masyarakat Indonesia bisa mengikutinya. Dari lomba ini saja secara tidak langsung juga ikut mempromosikan Wisata Magetan secara nasional kan ? Bener ga bro...jadi dalam mengeluarkan tagline atau semacam jargon untuk kota wisata juga perlu strategi juga, tidak hanya sekedar membuat saja, coba di survei, antara yang tau dan tidak tau banyak yang mana dengan tagline Magetan The Beauty Of Java tersebut.Yang warga asli saja masih ada yang belum tau apalagi yang luar daerah.

Selain media promosi diatas, bisa juga dengan mengadakan atau menyelenggarakan acara atau pagelaran seni yang rutin diadakan dengan tujuan sebagai daya pikat pengunjung ke tempat wisata tersebut. Kepuasan para wisatawan lah yang harus dicari, karena kesan yang mereka dapatkan ditempat wisata tersebut akan mereka sebarkan dari mulut ke mulut juga (nah secara tidak langsung juga membantu promosi kan hehehehe). Kalau kesan yang mereka dapatkan kurang baik, maka mereka juga tidak akan merekomendasikan tempat wisata tersebut ke teman atau keluarga dan tentunya mereka tidak akan pernah kembali lagi. 

Selain cara-cara diatas yang tak kalah pentingnya adalah kepedulian masyarakatnya untuk mempublikasikan tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya. Melalui apa? Banyak kok medianya...dengan adanya internet segala urusan promosi jadi lebih mudah dan murah lagi. Gunakan jejaring sosial yang sedang banyak digunakan oleh para pengguna internet, promosikan semua wisata yang ada. Seperti yang dilakukan oleh Pring Sedhapur Club (nama komunitas blogger magetan) yang ikut mempromosikan dan mempublish obyek wisata yang ada di kota tercinta mereka magetan melalui tulisan di blog mereka masing-masing. Perlu kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk mempromosikan wisata di daerahnya. Sebagai warga masyarakat yang baik dan peduli dengan daerahnya, mari ikut memberikan tindakan kecil kita, itu akan lebih bermanfaat daripada hanya bisa protes atau mengeluh apalagi berdiam diri. Keep Blogging !

4 Responses to "Strategi dan Macam Media Promosi Wisata"

  1. Semoga pemerintah terkait segera tanggap dan bisa mendukung upaya para blogger untuk memperkanalkan obyek wisata di daerahnya.

    ReplyDelete
  2. Moga da event untuk mengenalkan pariwisata Magetan!

    ReplyDelete
  3. website yg mengkhususkan promosi wisata dimana ya? saya ada website wisata tapi nggak tau mau di promosikan lewat web mana

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EXPLORE INDONESIA

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel