Perjalanan Ini " Ngawi - Solo - Magetan "

Bingung Memilih Kain ? Baca ini

Advertisement
Belakangan ini bisnis konveksi semakin berkembang, bukan sebatas konveksi kelas pabrikan tapi juga sudah merambah ke industri rumah tangga,bahkan ibu-ibu ataupun remaja putri mulai ikut meramaikan bisnis ini. Aneka macam baju atasan, bawahan, gamis bahkan kerudung dan jilbab aneka bentuk banyak tercipta dari rumah.berbicara tentang konveksi dan pakaian tentu tidak terpisah dari bahan bakunya, yaitu kain. Untuk membuat satu baju yang nyaman, dengan model terkini dan bagus diperlukan pemilihan kain yg tepat untuk pembuatannya. Berikut beberapa jenis kain yang kebanyakan dugunakan dalam industri fashion sekarang ini :

  • Katun combed : kain ini banyak digunakan sebagai bahan kaos karena teksturnya yang halus, dingin dan dapat menyerap keringat, sehingga nyaman digunakan. Kaos ini juga menjadi primadona dalam industri konveksi kaos rumahan
  • Katun : kain katun kebanyakan digunakan untuk bahan kemeja dan sprei, tidak luntur, dapat menyerap keringat dan tidak kisut/menyusut jika di cuci. Kain ini paling banyak dicari untuk digunakan menjadi bahan pakaian.
  • Katun jepang : hampir sama dengan katun hanya saja katun jepang ini lebih halus, dan daya serap yang lebih bagus juga, sehingga tidak panas jika dipakai. Katun jepang memiliki motif yang lebih beragam, misalnya yang lagi nge-hits saat ini yaitu motif bunga-bunga vintage. Katun jepang banyak dipakai untuk bahan gamis, mukena, tas gaul dan sebagainya :D harga nya dipasaran juga lebih mahal di banding kain katun lokal biasa. 
  • Jersey : saat ini kain jenis jersey sedang naik daun, bukan hanya sekedar kain untuk seragam bola, ataupun olahraga lainnya tapi juga untuk berbagai dress, gamis serta aneka atasan. Berciri melar/strecht, halus, tidak mudah molor, tebal dan jatuhnya terlihat bagus. Bahan jersey juga terdiri dari berbagai macam tingkatan ketebalan, salah satunya jersey super yang saat ini sedang banyak digunakan untuk bahan pakaian gamis-gamis modis ataupun jilbab instan
  • Spandek : bahan ini memiliki sifat elastisitas yang tinggi dan kuat, hampir mirip dengan kaos tapi lebih melar. Bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan kaos kaki.
  • Chiffon : bahan ini agak tipis dan ringan, sehingga terkesan licin jika di gunakan sebagai bahan baju. Bahan chiffon juga sedikit menerawang, sehingga kebanyakan produsen menggunakan rangakapan berupa furing agar tidak terlihat terawang.
  • Ceruti : hampir sama dengan chiffon tapi sedikit lebih berat, bertekstur seperti kulit jeruk/brintil brintil halus dan tidak terlalu menerawang. Kebanyakan dipakai untuk bahan khimar/jilbab besar karena lebih jatuh. 
Demikian aneka macam kain yang bisa sedikit saya deskripsikan, meski sebenarnya masih banyak sekali jenis kain yang ada. Semoga bermanfaat.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Bingung Memilih Kain ? Baca ini"

Terima Kasih sudah berkomentar dan meninggalkan jejak disini. Keep Blogwalking ;-).

Back To Top