Perjalanan Ini " Ngawi - Solo - Magetan "

Membuat Media Pembelajaran Kurikulum 2013 dengan Adobe Director

Advertisement
Untuk membantu, mempermudah penjelasan ataupun memberikan contoh langsung sebuah materi pelajaran, sebuah media pembelajaran sangat bermanfaat sekali untuk digunakan oleh para pengajar di sekolah. Selain itu penggunaan media pembelajaran juga untuk menarik minat siswa tentang materi yang diajarkan. Memang untuk menarik minat siswa dibutuhkan berbagai metode pembelajaran supaya mereka lebih aktif, menerima dengan mudah dan menikmati pembelajaran tersebut.

Di kurikulum 2013 seperti sekarang ini nampaknya masih diperlukan sebuah media pembelajaran. Didalam membuat sebuah media pembelajaran yang menarik juga dimasukkan unsur audio, video, image, teks dan animasi. Kombinasi dari kelima unsur tersebut kalau dipadukan dengan baik maka akan menghasilkan sebuah media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan memudahkan guru didalam menjelaskan suatu materi pelajaran.

Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah media pembelajaran seperti itu. Yang katanya paling ngetrend adalah membuat media pembelajaran menggunakan flash. Flash ini memang aplikasi yang dikhususkan untuk pembuatan animasi 2 dimensi namun juga bisa digunakan untuk pembuatan media pembelajaran yang interaktif. Disebut interaktif karena terjadi interaksi antara pengguna dengan media pembelajaran yang dibuat. Kemudian ada juga membuat media pembelajaran menggunakan power point, ini yang paling mudah dan paling banyak digunakan oleh banyak pengajar. Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat media ini.

Namun kali ini aku ingin memperkenalkan satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran. Namanya adalah Adobe Director. Ya..dulu namanya adalah Macromedia Director, namun sekarang macromedia sudah dibeli adobe. Makanya semua produk dari macromedia berganti semua menjadi adobe, seperti halnya adobe flash. Alasanku untuk menggunakan adobe director adalah pertama karena flash sudah terlalu mainstream (sudah banyak yang menggunakan hehehe), kedua ada dukungan dari pihak ketiga untuk penambahan Xtras (plugin), Xtras ini sangat powerful sekali loh..cobain deh kalau tidak percaya. Ketiga mudah dipahami penggunaanya, keempat mau masukin video,audio,animasi mudah sekali ga ribet, kelima pemrograman lingo yang mudah dipahami oleh orang awam, keenam terintegrasi dengan beberapa aplikasi seperti adobe flash.
Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Director
Contoh diatas ini adalah contoh media pembelajaran agama islam yang dibuat teman sekantor saya menggunakan adobe director. Gimana tertarik ?! Selamat Mencoba :-)

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Membuat Media Pembelajaran Kurikulum 2013 dengan Adobe Director"

Terima Kasih sudah berkomentar dan meninggalkan jejak disini. Keep Blogwalking ;-).

Back To Top