Wednesday, May 8, 2013

Tugas Seorang Kasir atau Teller

Blog Bianbiun - Tugas seorang kasir atau teller dimana-mana jobdisnya adalah menerima pembayaran berupa setoran tunai, cek/bg dsb. Begitu pula dikantor tempat saya bekerja, tidak berbeda jauh, di kantor saya yang menjual barang pekerjaan kasir adalah melakukan penerimaan setoran tunai, cek/bg dari penjualan barang.
Tugas utama tiap harinya adalah menerima pembayaran cash dari marketing, selain uang tunai, beberapa slip pendukung juga diikutsertakan, seperti invoice, nota penjualan dan surat jalan yang dibuat oleh admin marketing serta tanda terima pembayaran, yang semuanya itu diklip jadi satu dan ditulis dalam selembar bukti pembayaran yang disebut kasbon.

Setelah semua dokumen lengkap, barulah marketing  menyerahkannya pada kasir. nah disini  mulailah pekerjaan kasir..(hihihi)  mulai dari  cek data dari setiap slip pendukung apakah sudah sama dan sesuai dengan yang tertulis di kasbon. setelah semua sudah lolos cek awal, mulailah dilakukan peng input an data di program General Legder (GL).

Peng input an tersebut dilakukan diberkas  Voucher buku besar diawali dengan memasukkan nomor rekening saldo perusahaan (berbeda-beda tiap perusahaan,divisi dan depertemen),kemudian nominal setoran,tanggal setoran, keterangan, nomor id customer, dan selisih pembulatan apabila nominal uang setoran tidak berakiran bulat.

Setelah semua input an selesai, dilanjutkan mengisi saldo kas opname, yaitu rincian mata uang dari total setoran tunai dalam satu hari tersebut (misal: berapa lembar jumlah uang 100.000, 50.000...dsb)

Setelah penginputan tersebut data input an dicetak/print, out put yang dihasilkan meliputi kas besar, laporan saldo kas opname  dan rekapitulasi kas (gl vs opname), yang terakhir ini adalah untuk memastikan bahwa data inputan sudah sama dan tidak terjadi selisih.

Untuk pembayaran cek/bg, kasir harus melalukan pencairan dulu di bank yang ditunjuk, barulah pembayaran tersebut dinyatakan lunas terbayar. Selain  hal tersebut diatas, seorang kasir di kantor saya juga melakukan pencairan dana para karyawan, yang bisanya sih meliputi BOK (biaya operasional kendaraan) marketing, pembelian pulsa marketing, BOP (biaya operasional)kantor seperti belanja kebutuhan alat tulis kantor, air minum, dsb.

Setelah semua proses di kasir selesai, kasbon baru diberikan kepada credit control untuk dilakukan pelunasan piutang. Oke kira-kira seperti itulah tugas seorang kasir atau teller, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Protected by Copyscape Original Content Checker
Ketentuan Copas : Silahkan ijin dahulu ke admin dengan mengirimkan email ke : blogbianbiun@gmail.com sebelum anda mengkopi tulisan yang ada di blog bianbiun ini. Pastikan anda menyertakan link sumber dan melakukan rewrite. Terima Kasih

2 komentar:

Ummu Ruqayah said...

info menarik sob...

BlogS of Hariyanto said...

terimakasih sobat..sudah berbagi ilmu tentang kasir :-)

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkomentar dan meninggalkan jejak disini. Keep Blogwalking ;-).